Dusun Munjul Masuk Dalam Program Kampung Kb

Dusun munjul terletak di desa buniseuri yang merupakan ibu kota kec.cipaku,Dusun munjul juga bukan dusun terpencil yang terletak di suatu desa terpencil.bukan juga suatu dusun yang terbelakang.

Sangat banyak warga dusun munjul yang berpendidikan tinggi,Memiliki jabatan yang tinggi dan bahkan kepala desa buniseuri salah satu warga dari dusun munjul.

Sebagai warga dusun munjul yang menjadi pertanyaan saya hingga saya menulis ini adalah tentang ada nya kampung Kb di dusun munjul.

Di kutip dari situs BKKBN.GO.ID  


KAMPUNG KB NUSAHIANG BERLOKASI DI RW. 14 DUSUN MUNJUL ADALAH SALAH DUSUN YANG ADA DI DESA BUNISEURI DENGAN KRITERIA :
1.TERPENCIL
2.MASIH BANYAK KELUARGA PRA KS DAN KS 1
3.PERLU PENATAAN LINGKUNGAN
4.MKJP RENDAH
5.KB PRIA MASIH RENDAH
6.KETAHANAN KELUARGA BELUM ADA
7.JAUH DARI FASILITAS UMUM
NUSAHIANG MERUPAKAN GABUNGAN KATA NUSA DAN HIANG. KATA NUSA ( SAWAH KALUNGGUHAN RT.02
DAN RT.11 RW. 14) DAN LEUWIHIANG ( LEMBUR LINGKUP RT. 01 RW.14) DENGAN LOKASI RT.01 YANG TERPISAH DARI LINGKUP RT.02.DAN RT.11 MAKA DISEPAKATILAH NAMA KAMPUNG KB DI RW. 14 ADALAH NUSAHIANG DENGAN TUJUAN MENYATUKAN SEMUA WILAYAH RW.14 AGAR MASYARAKAT NYA LEBIH MENYATU, SEJAHTERA DAN BERKUALITAS.
Salah satu kegiatan kampung Kb Nusahiang Dusun Munjul Desa Buniseuri yang di kutip dari Tabloid Lintas Pena dengan judul:

Kampung KB Nusa Hiang Desa Buniseuri Adakan Pelatihan Bela Negara


Dalam upaya meningkatkan  wawasan    kebangsaan dan cinta tanah air  serta  karakter bangsa bagi generasi muda, “Kampung KB Nusa Hiang” Desa  Buniseuri Kec. Cipaku   menggelar Pelatihan Bela Negara kepada anggota Remaja PIK Remaja. Kegiatan ini dibuka langsung Kades Buniseuri Maman Sulaeman  di Bale Sawala, Dusun Munjul , Kamis, (28/12).

Kordinator penyelenggara Pelda Dudung Arif (Babinsa) Koramil 1308 Cipaku, mengatakan bertujuan mewujudkan cinta tanah air dan bangsa, diantaranya melaksanakan PPBD ( Pendidikan Pendahuluan Bela Negara),  kepada generasi muda, minimal usia 11 hingga 21 tahun,  yang  mengikuti  hari ini 47 orang materi yaitu kepemimpinan, wawasan kebamgsaan, budi pekerti, hukum, adm.pemerintahan, kesehatan, serta bertani, pemateri disesuaikan intansi masing2. Sehingga diharapkan terciptanya karakter generasi muda yang disiplin dan bertanggung jawab, serta memegang kesetian terhadap NKRI.

Kades Buniseuri Maman Sulaeman, dengan kegiatan ini  kami berkewajiban  kepada  generasi muda, serta amanah yang perlu disampaikan, untuk mewujudkan cinta tanah air dan bangsa, sehingga diharapkan Kampng KB mencapai  maximal dari hasil pelatihan ini, pungkasnya. ((HENDAYA)***


Meski demikian, tidak semua kampung bisa masuk program Kampung KB. Ada kriteria yaitu utama wilayah dan khusus. Dalam hal kriteria utama, sebuah kampung harus memiliki syarat-syarat seperti jumlah keluarga miskin diatas rata-rata tingkat desa dimana Kampung/RW tersebut berada. Bagi yang membentuk setara Desa, jumlah keluarga miskin di Desa tersebut harus diatas rata-rata Kecamatan dimana Desa itu berada. Selain itu, syarat utama lainnya adalah pencapaian KB di desa tersebut sangat rendah.
Dalam hal kriteria wilayah, setiap kampung KB harus memenuhi unsur seperti berada di wilayah kumuh, kampung pesisir atau nelayan, berada di Daerah Aliran Sungai (DAS), di daerah bantaran Kereta Api, Kawasan Miskin (termasuk miskin perkotan), Terpencil, Wilayah Perbatasan, Kawasan Industri, Kawasan Wisata, Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi.
 Setelah membaca kriteria utama program kampung kb kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ternyata di dusun munjul desa buniseuri memiliki jumlah keluarga miskin di atas rata-rata.

Dan apakah benar dusun munjul ini menjadi dusun yang paling layak untuk masuk program kampung KB????

Jika ia mari bersama-sama kita bangun dusun munjul ini agar tidak menjadi "KAMPUNG" munjul

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dusun Munjul Masuk Dalam Program Kampung Kb"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel